Review The Guilty (2021): Menegangkannya Pekerjaan Operator 911

Review The Guilty – The Guilty adalah film thriller yang merupakan remake dari film tahun 2018 dengan judul yang sama. Film yang berdurasi satu setengah jam ini sudah bisa ditonton di Netflix sejak 1 Oktober lalu. The Guilty mengajak kita menemani Joe Baylor (Jake Gyllenhaal), seorang anggota LAPD yang ditugaskan sebagai operator call center 911 sementara, selama ia menjalankan tugasnya.

Ketika menjalankan tugasnya, Joe Baylor menerima sebuah telepon dari seorang wanita bernama Emily Lighton (Riley Keough) yang terdengar sedang kesulitan untuk berbicara dengan bebas. Belakangan diketahui bahwa Emily sedang diculik oleh mantan suaminya, Henry Fisher (Peter Sarsgaard).

adegan the guilty scene

Terobsesi untuk mengatasi masalah ini, ia pun mencoba mencari informasi tentang keluarga Emily hingga berhasil menemukan nomor telepon rumahnya dan menghubungi anaknya. Keadaan menjadi rumit ketika ia kesulitan menemukan petugas kepolisian yang bisa membantunya menemukan Emily dan mendatangi anak-anak Emily karena mayoritas polisi sedang dikerahkan untuk membantu menangani kebakaran hutan yang juga sedang terjadi.


Tidak bisa dipungkiri, satu hal yang menjual dari film-film yang menggunakan satu latar saja seperti film ini adalah kualitas akting karakter utamanya. And, oh boy, oh boy, saya bisa bilang Jake Gyllenhaal telah memberikan penampilan terbaik untuk film-film yang telah saya tonton sepanjang tahun 2021. Mulai dari akting serius, emosional, tangis, terkejut, sampai akting kesakitan, semua ia lakukan dengan sangat baik sehingga membuat film ini menjadi sebuah thriller yang efektif.

adegan the guilty 2021 scenes

Penulisan skenario yang menuntut kita berimajinasi tentang apa yang sebenarnya terjadi di ujung lain sambungan telepon juga dengan efektif membuat kita merasakan apa yang Joe rasakan, terutama emosi dan ketegangannya. Namun, alur cerita yang sederhana membuat plot twist sedikit predictable, meskipun ending-nya saya rasa cukup memuaskan secara keseluruhan.

Overall, plot cerita yang sederhana dan gaya penceritaan yang immersive membuat The Guilty menjadi film yang sayang untuk dilewatkan. Terlepas dari lebih bagus atau tidaknya film ini dibandingkan dengan versi orisinalnya, saya tidak bisa berkomentar. Karena saya sendiri belum menontonnya. Meskipun begitu, saya yakin film ini akan cocok untuk banyak kalangan, baik penggemar film thriller atau penonton biasa yang hanya menginginkan sebuah tontonan ringan tapi impactful.

RATING: A-