5 Rekomendasi Tontonan Ringan di Netflix yang Cocok untuk Santai

Bingung mau nonton apa di Netflix saat ingin bersantai? Merasa waktu terbuang sia-sia ketika menemukan tontonan yang kurang memuaskan? Di tulisan ini, saya akan membagikan beberapa tontonan yang saya rasa akan cocok bagi kalian yang merasa demikian berdasarkan pengalaman saya. Saya berusaha merekomendasi judul-judul yang saya tahu masih jarang didengar banyak orang, tapi sangat layak untuk ditonton.

Siapa yang tak kenal Netflix saat ini? Naiknya ketenaran Netflix diimbangi dengan semakin banyaknya jumlah tontonan yang tersedia di dalamnya. Saya yakin bukan saya saja yang merasa bingung dan sulit menentukan pilihan tontonan saking banyaknya judul baru yang bermunculan setiap bulannya. Semoga tulisan ini bisa membantu dalam menentukan pilihan dan menghemat waktu luang kalian.

Midnight Diner

Midnight Diner bercerita tentang keseharian seorang chef dalam melayani pelanggan kedainya setiap malamnya. Ini adalah sebuah serial TV antologi yang berlatar di sebuah distrik di Tokyo. Mirip sebuah anime, serial ini tidak menyita waktu banyak untuk tiap episodenya. Satu episode hanya berdurasi sekitar 25 menit, sehingga cocok bagi kalian yang ingin menyegarkan otak di sela-sela kesibukan. Selain itu, variasi makanan yang disajikan chef yang akrab dipanggil Master di dalam serial ini juga membuat serial ini cocok ditonton sambil menemani kalian makan. Unsur komedi, romansa, maupun pelajaran hidup di dalam cerita-cerita pendek yang disajikan juga membuatnya menjadi sebuah tontonan yang stands out.

Catatan: Midnight DIner di Netflix punya dua versi, Midnight Diner (versi original) dan Midnight DIner: Tokyo Stories (versi Netflix). Dua-duanya sama bagusnya, kok!

Kim’s Convenience

Bagi kalian yang ingin tontonan yang ringan, lucu, dan menghibur, mungkin untuk mengurangi stres dan penat setelah bekerja, Kim’s Convenience akan cocok bagi kalian. Kim’s Convenience bercerita tentang kehidupan sehari-hari keluarga Korea yang tinggal dan mengelola minimarket di kota Toronto, Kanada. Kombinasi kepolosan bapak dan ibu Kim, kecerobohan putra, serta kelabilan putri mereka membuat serial ini sangat efektif untuk mengocok perut. Serial bergenre sitcom ini hanya berdurasi 21 menit per episodenya. Formula dan nuansa yang saya rasakan saat menonton ini mengingatkan saya kepada sinetron Bajaj Bajuri yang dulu pernah tayang saat saya masih SD, which is a very good comparison!

Catatan: Sayangnya, belum tersedia subtitle bahasa Indonesia untuk serial ini. Selain itu, ada sejumlah candaan yang hanya lucu jika dibawakan dalam bahasa Inggris.

Magic for Humans

Siapa yang tidak suka nonton sulap? Berbeda dengan dua judul di atas, Magic for Humans adalah sebuah reality show bertema sulap yang dibawakan oleh Justin Willman. Saya sendiri sudah lama sekali tidak menonton acara sulap, terutama sejak Deddy Corbuzier pindah haluan menjadi pembawa acara podcast. Dan, Magic for Human ini benar-benar mampu membawakan angin segar di tengah menurunnya ketenaran sulap belakangan ini. Banyak sekali teknik-teknik sulap baru yang dibawakan oleh Justin Willman yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Gaya Justin dalam membawakan acara dengan mengombinasikan sulap dan humor juga membuat Magic for Humans sangat fun dan refreshing untuk ditonton. Durasi 20 menit per episodenya benar-benar berlalu tanpa terasa!

Creeped Out

Bagi kalian yang doyan horor, tetapi tidak ingin yang terlalu seram apalagi serius, Creeped Out mungkin adalah pilihan yang tepat. Serial TV ini adalah sebuah antologi yang bertema horor dengan anak-anak sebagai subjek di dalam cerita-ceritanya. Kalau diminta untuk mendeskripsikannya dengan singkat, saya bisa bilang kalau Creeped Out ini seperti gabungan antara Black Mirror dengan creepypasta yang kerap bermunculan di forum-forum misteri. Dengan durasi hanya sekitar 25 menit per episode, Creeped Out akan sangat cocok untuk memberikan sesendok kengerian di waktu luang kalian.

Our Planet

Ingin bersantai sambil menambah pengetahuan? Our Planet adalah sebuah pilihan yang tepat. Our Planet adalah sebuah serial dokumenter yang membahas keanekaragaman hayati di berbagai wilayah di dunia. Kita akan diajak menjelajahi dinginnya es di kutub, pedalaman hutan tropis, hingga palung terdalam di samudera. Sinematografi dari seri dokumenter ini sangat memanjakan mata dan seringkali membuat mata terbelalak saking memukaunya. Informasi yang disajikan mengenai berbagai jenis makhluk hidup juga membuat serial ini unik dan sayang untuk dilewatkan.

Catatan: Semua episode Our Planet juga tersedia secara full di channel YouTube Netflix. Kalian bisa menontonnya melalui link ini.

Mungkin cukup itu dulu yang bisa saya rekomendasikan untuk kalian saat ini. Saya akan berusaha menulis update untuk artikel ini jika saya menemukan tontonan-tontonan lain yang juga menarik dan sayang untuk dilewatkan. Jika kalian juga punya rekomendasi tontonan yang seru, silakan tinggalkan komentar di bawah, ya! Berbagi itu seru!